30 November 2022
Telepon: (022) 7797712
mahasiswa-biologi-unpad-goes-to-japan

Sakura Science Exchange Program merupakan program tahunan yang diselenggarakan oleh Japan Science and Technology Agency (JST). Program ini melibatkan kerjasama antara Departemen Biologi Universitas Padjadjaran dengan Kwansei Gakuin University. Pada tahun 2022 program ini dilaksanakan secara luring di Kampus Kobe Sanda selama seminggu dari tanggal 26 Oktober hingga 1 November 2022.

Mahasiswa dan Dosen Biologi Unpad di Kwansei Gakuin University, Japan

Melalui Program ini mahasiswa berkesempatan untuk memperoleh pengetahuan dan teknologi yang mutakhir serta mengenal budaya Jepang. Kegiatan yang dilaksanakan selama program ini berlangsung diantaranya adalah kelas kuliah dari profesor-profesor KGU, eksperimen percobaan di laboratorium kering maupun laboratorium basah, kuliah lapangan, diskusi kelompok, presentasi, dan bertamasya ke Kyoto dan Osaka.

Pada hari pertama, kami disambut oleh pihak KGU di Bandara Kansai untuk selanjutnya diantarkan ke tempat akomodasi. Keesokan harinya kami menghadiri kelas “Protein Bioinformatik” oleh Hiroyuki Toh Sensei. Berbagai macam materi kami pelajari mulai dari ilmu dasar protein hingga pada contoh kasus nyata analisis protein hewani teritip. Selain itu kami juga melakukan eksperimen laboratorium berupa analisis sekuen protein.

Eksperimen di Laboratorium

Kelas pertama kami pada hari ketiga adalah kelas mengenai “Imaging of Living Cells” bersama Yao Sensei. Pembahasannya mengenai sel dan organel-organel di dalamnya. Setelah itu, kami melakukan pengamatan mitokondria yang diisolasi dari sel ginjal tikus menggunakan mikroskop fluorescence, mikroskop STORM, dan mikroskop SIM. 

Setelah makan siang, kami dibimbing oleh Tsuboi Sensei menuju Arima Onsen. Tempat yang akan kami kunjungi adalah sebuah tempat wisata yang terkenal akan pemandian air panasnya. Kami mengambil sampel air yang terdapat pada daerah tersebut. Selanjutnya kami mengukur kadar DOCODpH, dan elektrisitas dari sampel. Setelahnya, kami berjalan-jalan di sekitar Arima dan berendam kaki di pemandian air panas.

Eksperimen di Lapangan

Pada hari keempat, kegiatan kami diawali dengan kelas “Water Quality and  Environmental Analysis Method” oleh Tsuboi Sensei. Kami mendapat pengetahuan mengenai berbagai metode untuk menganalisa keadaan lingkungan menggunakan elemen alam yang ada disekitar kita. Setelah kelas pertama, kami mendapat kesempatan untuk melakukan eksperimen titrasi EDTA dan analisis menggunakan ion kromatografi juga ICPE.

Suasana makan bersama

Pada hari kelima, kami jalan-jalan ke Kyoto dan Osaka. Kami menaiki kereta menuju Arashiyama, Kyoto. Disana kami mengunjungi Kuil Tenryuji (天龍寺, Tenryūji) yang merupakan kuil paling penting di Arashiyama dan telah terdaftar sebagai situs warisan budaya dunia. Kami melanjutkan perjalanan ke hutan bambu yang tidak jauh dari kuil. Setelah itu, kami melanjutkan perjalanan ke Umeda, Osaka, kami memiliki waktu luang untuk berjalan-jalan dan berbelanja.

Foto Besama dengan Para Sensei
Foto bersama dengan peserta Sakura Science Project

Pada hari keenam, kami mendapat banyak cerita dari para senior yang melanjutkan studinya di KGU. Kami juga mendapat informasi yang disampai oleh Bapak Dr. Andriana, Dosen KGU. Selanjutnya, kami melakukan presentasi mengenai kegiatan yang telah dilakukan selama Sakura Project. Hari diakhiri dengan upacara penutupan disertai pemberian sertifikat secara simbolis.

Kami telah menyelesaikan semua kegiatan Sakura Science Project pada hari ke-7. Kegiatan Ini merupakan kesempatan berharga bagi kami. Melalui program ini kami belajar begitu banyak hal baik dari segi akademik maupun sosial-budaya. Kami harap kedepannya program ini terus berlanjut dan memberikan manfaat yang lebih besar lagi. Ayo, persiapkan diri untuk Sakura Science Project selanjutnya. 

Leave a Reply