20 January 2021
Telepon: (022) 7797712
lensa-kamera-jendela-melihat-sisi-lain-lingkungan

Meningkatnya masalah lingkungan akhir–akhir sering dilupakan oleh manusia. Masalah lingkungan seperti sampah plastik, limbah pabrik, pembukaan lahan dan lainnya banyak yang luput dari pandangan manusia yang kian hari sibuk. Kesibukan tersebut membawa dampak menurunnya kepedulian terhadap apa yang terjadi disekitar mereka, salah satunya bagaimana kondisi lingkungan saat ini?

Berawal dari masalah isu yang beredar di sekitar yang kurang mendapatkan perhatian. Exortus hadir sebagai sebuah kegiatan yang diusung oleh Himpunan Mahasiswa Biologi Universitas Padjadjaran sebagai sebuah kampanye mengenai berbagai isu seputar lingkungan dan mahluk hidup. Pada Exortus 3.0 ini, tema besar yang diusung yaitu “konservasi”. Pada tahun ini, Eksortus 3.0 dibagi menjadi dua kegiatan yaitu Lomba Fotografi “Sisi Lain” dan Seminar Nasional.

Poster Lomba Fotografi Exortus 3.0

Fotografi menjadi salah satu media untuk mengkampanyekan isu lingkungan dalam bentuk karya visual. Melalu fotografi, sebuah foto dapat menceritakan sisi lain dari sebuah fenomena. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (kbbi), sisi memiliki arti pihak, suatu bidang atau segi, sedangkan lain memiliki arti asing, beda dan tidak sama. Sisi lain memiliki arti yaitu sebuah pemahaman atau pandangan akan sesuatu yang berbeda dari hal yang di pahami atau dipandang sebelumnya. Sehingga, sisi lain lingkungan merupakan sebuah pandangan akan sebuah lingkungan atau alam sekitar yang berbeda dari apa yang kita pahami atau ketahui sebelumya. So, melalui sebuah karya fotografi diharapkan dapat mengubah perspektif kita terhadap kondisi lingkungan saat ini.

Viko satria_2_hilangnya lahan pertanian demi gedung yang menjulang.JPG
Hilangnya Lahan Pertanian Demi Gedung Yang menjulang

Kegiatan Lomba fotografi ini berlangsung dari 1 sampai 25 Oktober 2020 dan pengumuman pemenang pada Sabtu 31 Oktober 2020. Lomba yang terbuka untuk siswa/i SMA/sederajat, mahasiswa dan umum ini melibatkan dewan juri fotogrefer Dudi Sugandi dan Galih Sedayu.

Kami mendapatkan banyak sekali karya fotografi yang menarik tentang permasalah lingkungan yang ada di sekitar. Karya-karya ini membuka “sisi lain” lingkungan dan tentunya mendorong perspektif baru untuk upaya-upaya pelestariannya. Dalam sambutannya, Faris Verliansyah sebagai wakil ketua pelaksana, berharap agar kegiatan ini menjadi wadah untuk komunitas fotografi khususnya penggiat lingkungan selain dapat menyalurkan hobi juga dapat mengkampanye tentang isu lingkungan.

Salam,

Penulis: Fariz Nugraha

Editor: ENR

Leave a Reply