28 October 2021
Telepon: (022) 7797712
fikri-ilmi-raih-18-penghargaan-selama-berkuliah-di-prodi-biologi-unpad

Perkenalkan, nama saya Fikri Ilmi, lahir di Jakarta 28 Oktober 1998. Saya merupakan alumni Biologi Unpad angkatan 2016 dan lulus di tahun 2020. Saat ini saya sedang melanjutkan pendidikan di Program Magister Teknik Lingkungan, ITB. Alhamdulillah selama berkuliah di Biologi Unpad saya telah meraih 18 penghargaan mulai dari tingkat prodi hingga nasional. 

Jenis Kompetisi yang diikuti

Bagi mahasiswa biologi banyak sekali kompetisi yang dapat diikuti. Lomba  dan kompetisi lainnya diberbagai bidang sangat banyak diadakan oleh universitas lain jadi harus aktif mencari info di website universitas lain, akun instagram atau line. 

Di level departemen ada Komposer yaitu perlombaan antar angkatan yang terdiri dari cabang olahraga dan seni. Untuk cabang olah raga diantaranya basket, futsal, dan badminton. Untuk cabang seni diantaranya melukis, fotografi, dan vocal group/solo vocal. Selain itu, pada tingkat fakultas dan universitas juga ada lomba yang serupa dengan composer yang dapat diikuti.

Di Departemen Biologi juga ada ajang pencarian mahasiswa berprestasi, biasanya untuk mahasiswa tingkat 3. Parameter penilaiannya adalah IPK, prestasi yang dimiliki, serta wawancara dan presentasi artikel ilmiah dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Pemenangnya akan maju ke tingkat fakultas dan berkompetisi di tingkat fakultas. Lomba karya tulis ilmiah, essay, dan opini menurut saya wajib dicoba bagi mahasiswa biologi. Tema lomba penulisan yang dapat diikuti baiknya adalah ilmu biologi murni atau ilmu yang berkaitan (kedokteran, kehutanan, pertanian, dan masih banyak lagi). Jika ingin mengikuti lomba lintas jurusan seperti ilmu sosial, ekonomi, pariwisata dan lainnya menurut saya tidak apa-apa. Asalkan apa yang dituliskan dapat dipertanggung jawabkan serta benar-benar memahami betul tema yang diambil.        

Penghargaan yang diraih

Prestasi yang banyak saya peroleh didominasi bidang olahraga, karena sejak SMA saya senang berolahraga khususnya lari. Di Fakultas MIPA saya aktif menjadi anggota Tim Basket MIPA. Saya juga pernah menjabat sebagai Ketua Biro Olahraga Himbio Unpad.

  • Juara 2 Lomba Esai Nasional Leppami PB HMI 2020
  • Peringkat ke-7 Runnival FTIP Unpad Fair 2500 M 2019 Tk. Provinsi
  • Peringkat 1 Mahasiswa Berprestasi Departemen Biologi Tahun 2019
  • Best Presentation Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional TGC IA IPB 2019
  • Juara 2 Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional TGC IA IPB 2019
  • Juara 2 Lomba Film Pendek FORSI BEM KEMA UNPAD 2019
  • Top 10 Finisher Ganesha Runniversity Run ITB 5000 M 2019
  • Juara 1 Lari 5000 M KOMPOSER Himbio Unpad 2019
  • Juara 3 Voli OSEAN FMIPA UNPAD 2019
  • Juara 3 Basket OSEAN FMIPA UNPAD 2019
  • Juara 3 Ganesha Runiversity Run ITB 5000 M antar Mahasiswa Tk. Provinsi 2018
  • Juara 1 AAW Run 4 Palestine 2019 Tk. Kabupaten 2018
  • Juara 1 Run for Smile FKG Unpad 2019 Tk. Kabupaten 2018
  • Juara 3 Turnamen Futsal Biology Cup 3 UIN SGD se-Pulau Jawa 2018 
  • Juara 2 Lomba Film Pendek FORSI BEM KEMA UNPAD 2018
  • Juara 1 Lari 5000 M KOMPOSER HIMBIO UNPAD 2018
  • Pemain terbaik Cabang Basket KOMPOSER HIMBIO UNPAD 2018
  • Juara 1 Lari 5000 M OSEAN FMIPA UNPAD 2017

Tips and trick

Memang tidak mudah untuk berprestasi di berbagai bidang, apalagi kuliah di Biologi yang bisa dianggap sebagai prodi yang sangat sibuk. Maka dari itu kita harus memanfaatkan waktu seefektif mungkin. Bagi saya sendiri, melakukan hal-hal berikut sangat bermanfaat:

  • Manajemen waktu 

Seringkali saya melakukan latihan lari jam 6 pagi sebelum kuliah jika sore harinya ada agenda di Himbio atau fakultas. Malam hari seringkali saya habiskan untuk belajar dan istirahat. Sebisa mungkin kita mengikuti kegiatan sebanyak-banyaknya namun jangan sampai lupa istirahat dan belajar.

  • Tentukan Skala prioritas

Memang waktu bermain dan belajar akan terbatasi untuk persiapan lomba, namun kita harus ikhlas dengan itu. Kesibukan kuliah jangan dijadikan alasan untuk tidak aktif dan berprestasi, sebaliknya untuk berprestasi pun kita tidak sepatutnya terus menerus meninggalkan kuliah. Skala prioritas harus ditentukan, kuliah dan lulus tepat waktu memang adalah prioritas. Namun lulus tanpa prestasi dan pengalaman organisasi akan membuat arti kehidupan kuliah berkurang.

  • Perbanyak relasi dan kawan

Untuk berprestasi tidak cukup usaha dari diri sendiri saja, kita harus memiliki banyak relasi. Carilah teman sebanyak-banyaknya baik didalam maupun diluar program studi.

  • Perbanyak membaca dan perluas wawasan

Untuk berprestasi contohnya di bidang akademik seperti lomba karya tulis, tentunya perlu inspirasi dalam menulis. Dalam menentukan topik untuk karya tulis, kita harus up to date dengan apa yang terjadi di dunia. Maka kita harus sering membaca, sering mendengar berita, dan aktif di berbagai forum. Kita tidak pernah tahu akan dapat inspirasi darimana, maka perbanyak diskusi dengan teman, dosen, keluarga dan lainnya.

  • Cari mentor yang sesuai

Untuk mengikuti kompetisi dan memperoleh prestasi kita perlu mentor untuk membimbing kita, jangan malu untuk bertanya ke senior ataupun dosen. Menjalin komunikasi dengan dosen sangat penting untuk membantu kita menyelesaikan permasalahan dalam penulisan.

  • Mulai dari Hobi

Menurut saya sebagai mahasiswa biologi, berprestasi tidak harus selalu di bidang akademik, lakukan apa yang kalian sukai. Jika telah memiliki suatu keahlian atau hobi jangan pernah berhenti untuk mengasah skill tersebut. Berprestasi pun menurut saya tidak melulu soal penghargaan. Mengikuti organisasi, kepanitiaan dan bakti sosial juga merupakan prestasi dalam kehidupan kuliah.

  • Mencari perlombaan yang sesuai 

Usahakan pilih lomba antar mahasiswa dan hindari dulu lomba yang terbuka untuk umum jika masih ragu. Memilih lomba antar mahasiswa sama dengan mengeliminasi kontestan baik dari segi pengalaman maupun jumlah. Tema lomba penulisan yang dapat diikuti baiknya adalah ilmu biologi murni atau ilmu yang berkaitan (kedokteran, kehutanan, dan pertanian) karena kita harus benar-benar menguasai tulisan yang kita tulis. Kita telah dibekali ilmu biologi selama kuliah jadi akan lebih mudah jika kita mengambil tema biologi. Jika ingin mengikuti lomba lintas jurusan seperti ilmu sosial, ekonomi, pariwisata dan lainnya menurut saya tidak apa-apa. Asalkan apa yang dituliskan dapat dipertanggung jawabkan serta benar-benar memahami betul tema yang diambil. Namun kalian juga harus siap karena akan melawan kontestan lain yang memang ahli atau berkuliah dibidang tersebut. 

  • Temukan motivasi terbesar

Motivasi dan alasan juga penting untuk menunjang prestasi. Alasan saya untuk berprestasi adalah karena kesehatan, kesempurnaan tubuh dan pikiran yang Allah SWT berikan merupakan karunia terbesar bagi saya dan berprestasi adalah cara saya untuk bersyukur dan berterima kasih atas apa yang telah Allah berikan kepada saya. Tidak sepantasnya waktu kuliah dibuang-buang untuk melakukan hal yang tidak perlu. Sering bermalas-malasan, mengeluh, dan melakukan hal yang tidak berguna merupakan tanda bahwa kita tidak bersyukur dengan nikmat yang kita dapat.   

Terakhir, perkenankan saya berbagi sebuah kalimat indah yang mungkin dapat juga memotivasi teman-teman sekalian.

“Prestasi tertinggi seseorang, medali emasnya, adalah jiwa besarnya.”- Andrea Hirata

1 Comment

  • Kakang Nu

    Selamat kang fikri n semiga tambah sukses

Leave a Reply