13 November 2019
Telepon: (022) 7797712
dua-mahasiswa-biologi-mendapatkan-beasiswa-pendidikan-dari-one-asia-foundation

Dua mahasiswa Biologi yaitu Rani (Bio S1-2012) dan Fadilatul Laela Insan (Magister Biologi 2015) beserta 18 mahasiswa lainnya mendapatkan beasiswa pendidikan dari One Asia Foundation. Beasiswa tersebut diberikan langsung oleh President One Asia Foundation yang sekaligus memberikan kuliah penutup kegiatan Asian Community Lecturers (ACL)(Selasa 26/7/2016) lalu. Beasiswa ini diberikan kepada 20 mahasiswa peraih esai terbaik yang dilombakan selama kegiatan ACL berlangsung dan masing-masing mahasiswa mendapat grant pendidikan senilai $ 200 Dolar.

Penyelenggaraan ACL di Unpad sendiri telah dimulai sejak bulan Februari lalu hingga Juli dengan kegiatan utama adalah menyelenggarakan kuliah umum yang buka dan diresmikan oleh Rektor Unpad Prof. Dr. Med Tri Hanggono Ahmad, dr. dan dihadiri 250 mahasiswa yang sebelumnya telah diseleksi.“From West Java to The World”. itulah pesan Rektor yang artinya bahwa mahasiswa harus menggali potensi lokal lalu berkontribusi secara global.

Selama kegiatan ACL berlangsung telah diadakan 13 pertemuan perkuliahan yang menghadirkan pemateri yang menginspirasi seperti, Prof. Chung Joon-Kon selaku Senior Researcher One Asia Foundation, Prof Kadarsah Suryadi (Rektor ITB), Prof. Furqon (Rektor UPI), Prof. David Wu Hsun Yang, Dosen National Chi Nan Universitas Taiwan, Staf Kedubes RI di Jepang, hingga , Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik dengan berbagai topik bahasan yang memaparkan berbagai sudut pandang seperti politik, komunikasi dan budaya, ketenagakerjaan, kesehatan ,research dan industri. Diharapkan melalui kegiatan ini tumbuh kesadaran untuk melampaui semua perbedaan antar bangsa-bangsa di Asia, dan justru saling bekerjasama untuk membangun kehidupan yang maju, aman, sejahtera di kawasan Asia menjadi lebih baik. “Indonesia harus mempersiapkan diri agar bisa menjadi tuan rumah di negara sendiri dan berkontribusi positif di kawasan Asia”, demikian yang disampaikan Rektor UNPAD. Sato Yoji juga mengatakan kegiatan ACL ini telah sukses digelar dari 400 universitas di 45 negara di kawasan Asia, Eropa, hingga Afrika.

Rilis oleh: Departemen Biologi

Leave a Reply