21 June 2021
Telepon: (022) 7797712
cerita-ghina-chairina-tentang-program-fast-track-biologi-unpad-kwansei-gakuin-university-jepang

Perkenalkan, nama saya adalah Ghina Chairina dan saat ini saya baru saja menjadi sarjana Biologi di Universitas Padjadjaran. Selain melakukan studi sarjana, saya juga menjalankan program Fast Track 3+2 Universitas Padjadjaran — Kwansei Gakuin University di waktu yang bersamaan. Dalam pelaksanaan program ini, saya menjalankan tiga tahun perkuliahan sarjana dari tahun 2016 hinggal 2019 di Unpad, lalu dilanjutkan dengan perkuliahan magister pada bidang Teknik Biomedis dari tahun 2019 hingga 2021 di Kwansei Gakuin University, Jepang, atau biasa disingkat dengan KGU.

Ghina Chairina setelah menjalani ujian akhir Skripsi secara daring

Berkenaan dengan program fast track ini, pelaksanaan perkuliahan pada tahun keempat saya di Biologi Unpad, dilakukan secara daring bersamaan dengan pelaksanaan tahun pertama perkuliahan magister di KGU secara tatap muka. Selain itu, penelitian untuk tugas akhir saya pun merupakan bagian dari penelitian untuk tesis magister di KGU, sehingga keduanya berkesinambungan. Penelitian ini dimulai sejak akhir tahun 2019 hingga pertengahan 2020 untuk penulisan tugas akhir yang dibimbing oleh dua dosen dari Biologi Unpad, yaitu Dr. Desak Malini dan Annisa, Ph.D dan satu pembimbing dari KGU, Prof. Yoshino. Penelitian tersebut masih berlangsung hingga sekarang dalam tahap lanjutan untuk penyusunan tesis magister.

Susana belajar di KGU, Jepang

Awal mula keikutsertaan saya dalam program ini berasal dari program pertukaran pelajar Sakura Science Program pada tahun 2017 antara Biologi Unpad dan KGU. Setelah mengikuti perkuliahan dan eksperimen dalam beberapa laboratorium selama seminggu, saya sangat tertarik pada laboratorium Prof. Yoshino yang sekarang menjadi laboratorium penelitian saya. Tema penelitian saya di KGU saat ini yaitu berkenaan dengan pembuatan model dalam prediksi stroke pada pasien yang mengidap kelainan jantung atrial fibrilasi. Dalam penelitian ini, data yang saya olah adalah data medis berupa variabilitas denyut jantung dari pasien.

Ruang Kerja di KGU, Jepang

Target kelulusan dari studi magister ini yaitu September 2021, dengan presentasi hasil akhir sebagai syarat kelulusan pada bulan Juli 2021. Mengikuti program fast track memang tidak dapat disebut mudah, namun saya tidak pernah menyesal dalam mengikuti program ini. Sarjana yang saya dapatkan saat ini tidak lepas dari bantuan banyak pihak yang selalu mendukung saya, baik akademik maupun administrasi. Karena itu, saya ingin mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya pada dosen-dosen beserta staff di Biologi Unpad yang telah memungkinkan saya mengikuti program ini. Selain itu, teman-teman saya baik di KGU maupun di Indonesia juga selalu memberi semangat agar saya dapat menyelesaikan kedua studi ini. Pada awalnya, saya merasa ada banyak tahapan yang harus saya lalui, namun dengan semua dukungan fisik dan emosional yang ada, sekarang saya telah dapat berada pada tahapan ini.

It always seems impossible until it’s done.” — Nelson Mandela

Salam,

Ghina Chairina

Leave a Reply